D

https://bob0195992492.blogspot.com/2020/10/beg-celoreng.html?m=1

24 Disember 2013

APA ITU PENYAKIT 3 SERANGKAI

Hari ini saya ingin berkongsi dengan anda semua tentang penyakit tiga serangkai.Ok,apa itu penyakit 3 serangkai? Penyakit 3 serangkai ini biasa dipanggil penyakit yang berjangkit seperti contoh seseorang itu menghidapi darahn tinggi dan ada kemungkinan dia akan menghadapi penyakit jantung atau kencing manis.Penyakit 3 serangkai adalah seperti darah tinggi,kencing manis dan penyakit jantung.hari ini saya ingin kongsi dengan anda semua faktor atau simptom penyakit-penaykit ini dan cara-cara mencegahnya.


       Sebenarnya penyakit ini tidak semestinya dihidapi oleh seseorang itu tetapi kebanyakannya kalau dah mula ada salah satu penyakit ni,mesti doktor dah mula bagi ubat sebagai langkah pencegahan seperti contoh seorang mak cik ada penyakit darah tinggi dan kalau doktor check ada sedikit tanda-tanda nak jadi sakit jantung,dia akan terus bagi ubat jantung tapi biasanya dalam kuantiti yang sikit.Inilah yang di kata sebagai mencegah adalah lebih baik dari merawat."





APA ITU PENYAKIT JANTUNG ?


       Penyakit jantung adalah satu keadaan di mana jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.Ini disebabkan oleh  otot  jantung yang lemah dan atau adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri, oleh karena tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi saat penderita masih di dalam kandungan. Hal ini menyebabkan darah bersih dan darah kotor tercampur.
Pengertian penyakit jantung dan serangan jantung adalah berbeza. Kalau Serangan jantung adalah sebuah keadaan  yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi.Keadaan  ini biasanya terjadi mendadak, dan sering disebut gagal jantung. 

       Penyebab gagal jantung bervariasi, namun penyebab utamanya biasanya adalah kerana suplier darah ke otot-otot jantung, oleh kerana pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras,atau disebabkan oleh kerana lemak dan kolesterol, ataupun oleh kerana zat-zat kimia seperti penggunaan obat yang berlebihan yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa) yang banyak ditemui dalam obat-obat seperti Decolgen, dan nikotin. (sumber:wikipedia).

GEJALA PENYAKIT JANTUNG 
 
1. Nyeri. Jika otot tidak mendapatkan cukup darah (suatu keadaan yang disebut iskemi), maka oksigen yang tidak memadai dan hasil metabolisme yang berlebihan menyebabkan kram atau kejang. Angina merupakan perasaan sesak di dada atau perasaan dada diremas-remas, yang timbul jika otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup. Jenis dan beratnya nyeri atau ketidaknyamanan ini bervariasi pada setiap orang. Beberapa orang yang mengalami kekurangan aliran darah bisa tidak merasakan nyeri sama sekali (suatu keadaan yang disebut silent ischemia).

2. Sesak napas merupakan gejala yang biasa ditemukan pada gagal jantung. Sesak merupakan akibat dari masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner).

3. Kelelahan atau penat. Jika jantung tidak efektif memompa, maka aliran darah ke otot selama melakukan aktivitas akan berkurang, menyebabkan penderita merasa lemah dan lelah. Gejala ini seringkali bersifat ringan. Untuk mengatasinya, penderita biasanya mengurangi aktivitasnya secara bertahap atau mengira gejala ini sebagai bahagian dari penuaan.

4. Palpitasi (jantung berdebar-debar)

5. Pengsan dan pening Penurunan aliran darah karena denyut atau irama jantung yang abnormal atau karena kemampuan memompa yang buruk, bisa menyebabkan pusing dan pingsan.

Sumber lain (vivanews.com) mengatakan gejala khas sakit jantung sebagai berikut:

1. Tiba-tiba sakit di bahgian dada dibelakang tulang dada atau seperti sesak dada
.
2. Nyeri dada bisa berulang beberapa minit (20 minit atau lebih).

3. Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada, dan leher seolah tercekik hingga menyebabkan keluar keringat dingin

4. Tiba-tiba pengsan, namun sedar  kembali. Ini terjadi karena ada gangguan irama jantung


TIPS MENCEGAH PENAYKIT JANTUNG :
 
1. Pola makan yang sihat
Hindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Hindari pula makanan dengan kandungan gula tinggi seperti softdrink.

2. berhenti merokok
Di dalam bungkus rokok sudah dijelaskan bahwa "Merokok dapat menyebabkan kanser, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin".

3. Hindari stress
Saat seseorang stress, tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol yang bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku.

4. Kurangkan berat badan berlebih (obesiti)
Penghidap obesiti memiliki risiko utama pembesaran atrium jantung kiri. Pembesaran jantung ini  akan meningkatkan detak jantung tidak normal, stroke, dan kematian.

5. Olahraga secara teratur
Olahraga seperti jalan kaki atau jogging dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh
.
6. Mengamalkan memakan makanan yang antioksidan
Antioksidan Penting untuk Cegah Sakit Jantung. Ini biasanya diperoleh dari berbagai macam sayuran, buah-buahan, dan minum teh.

7. Keturunan
Jika anda memiliki kerabat dekat yang pernah mengalami serangan jantung, sebaiknya mulai sekarang lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan dan gaya hidup. Penyakit jantung bukan penyakit keturunan, tetapi bila ada keluarga yang menderita atau pernah menderita penyakit jantung, maka anda memiliki faktor risiko untuk mendapatkan penyakit jantung. Jadi, perluberwaspada!

SUDU

https://bob0195992492.blogspot.com/2021/01/rm35-set-sudu-bercop-1945.html

Arkib Blog