D

https://bob0195992492.blogspot.com/2020/10/beg-celoreng.html?m=1

17 Ogos 2013

IKAN BALA BALA

Bala-bala merupakan jenis ikan yang berukuran kecil, panjang tubuhnya hanya dapat mencapai 30 cm. Bentuk tubuhnya oval memanjang, kepalanya meruncing, pipih. Sirip-ip-siripnya kecuali sirip dada dengan bagian tepinya berwarna hitam. Semuanya siripnya bertulang keras, sirip punggung, perut, anal berbentuk cula, sedang bentuk sirip ekor bercagak dan tampak sirip-sirip ikan amat kokok. Badannya berwarna keperak-perakan mengkilap, bagian punggung lebih gelap dibandingkan dari bagian perut. .Gigi ikan ini tidak berada pada posisi di rahangnya, akan tetapi di bagian tenggorokan. Mempunyai sepasang sungut. Matanya bulat lebar dengan pupil bulat berwarna hitam.




Perilaku: Bala-bala bukan ikan predator yang memburu mangsanya, akan tetapi ikan ini termasuk herbivora. Menyukai hidup berkelompok, aktif dan berenang di permukaan air, hanya sesekali berada di dasar untuk mendapatkan pakan. Persyaratan hidup ikan ini pada suhu 24-260C, pH-netral, dan kandungan oksigen cukup.
Reproduksi: Dalam kelompok jenis ikan ini sulit dibedakan jenis kelaminnya, pembuahan telur secara eksternal dalam perkawinan kelompok. Telur yang telah dibuahi akan menempel pada substrat, biasanya tanaman air. Larva akan tampak berenang setelah 5 hari dari waktu pembuahan.
Pakan: Bala-bala di habitat aslinyamemakan berbagai jenis tanaman air seperti ganggang, lumut dan phytoplankton. Namun ikan ini juga memakan hewan tingkat rendah yang hidup di dalam air seperti Crustacea tingkat rendah.
Habitat: Bala-bala hidup di perairan seperti sungai, danau dan terdapat tanaman air. Sebarannya di Thailand, Sumatera, Kalimantan dan Malaysia.
HARGA 1 EKOR =RM1.50-2.50 (NORMAL 2.00) Harga Tinjauan Sekitar Bandar Sungai Petani Kedah

SUDU

https://bob0195992492.blogspot.com/2021/01/rm35-set-sudu-bercop-1945.html

Arkib Blog